Jumat, 21 September 2012

Konsultan Perencana


Konsultan Perencana

           Konsultan Perencana adalah orang atan badan yang membuat bangunan secara lengkap baik bidang arsitektur, sipil, dan bidang lain yang membentuk sebuah sistem bangunan.
Hak dan Kewajiban
Ÿ Membuat perencanaan secara lengkap yang terdiri dari gambar rencana,  rencana kerja dan syarat-syarat, hitungan struktur dan RAB.
Ÿ Memberikan usulan dan pertimbangan kepada pengguna jasa dan pihak  kontraktor tenteng pelaksanaan pekerjaan.
Ÿ Memberikan jawaban dan penjelasan kepada kontraktor tentang hal-hal yang kurang jelas dalam gambar rencana, rencana kerja, dan syarat-syarat.
Ÿ Membuat gambar refisi bila terjadi perubahan rencana.
Ÿ Menghindari rapat koordinasi pengelola peroyek.
      Personil Konsultan Perencana:
1.      Site Manageer
2.      Administrasi.
3.      Civil Engineer.
4.      Desig Engineer.
5.      Estimator.
6.      Geometri Engineering.
7.      Struktur Engineering.
8.      Surveyor.
9.      Drafter 1
10.  Drafter 2
11.  Drafter 3
B. Uraian tugas, Tanggung Jawab dan Kewajiban masing-masing Pihak.                                                       
  1. Site Manager
Tugas :
Ÿ Mengelola proyek sedemikian rupa sehingga pelaksanaan proyek dapat selesai tepat pada waktunya dengan kualitas sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.
Ÿ Mengelola tugas–tugas perencanaan teknis, pengendalian operasional, pengaasan mutu dan keselamatan kerja ada proyek.
Ÿ Mengelola tugas–tugas pembelian material, pergudangan, dan peralatan yang diperlukan proyek sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.
Ÿ Mengelola pelaksanaan pekerjaan fisik secara efisien dan efektif sesuai dengan spesifikasi dan RAB yang telah ditentukan.
Ÿ Mengelola admiistrasi, pembukuan, dan keuangan proyek sesuai dengan ketentuan yang ada.
Ÿ Membuat laporan–laporan yang telah ditentukan dan laporan lain yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek.
Ÿ Menyelesaikan masalah dengan pemberi tugas maupun dengan pihak lain, termasuk kontrak kerja, SPK, berita acra maupun tagihan.
Ÿ Mengatur hubungan elemen-elemen dibawahnya dengan elemen lain maupun dengan pihak luar.
Ÿ Mengkoordinir jalannya pelaksanaan pembangunan proyek agar sesuai Bestek.
Wewenang :
Ÿ Menetapkan harga satuan bahan, upah, alat, dan biaya tak langsung lainnya.
Ÿ Bersama – sama dengan Owner menentukan dan membuat langkah – langkah perencaan.
Ÿ Berhubungan dengan pihak luar perusahaan dalam rangka pelaksanaan tugasnya.
Ÿ Menunjuk suplier dan pihak terkait lainnya dalam rangka menyelesaikan pekerjaan.
      Tanggung jawab :
Ÿ Tercapainya tujuan proyek yaitu bahwa proyek dapat selesai tepat pada waktunya, mutu sesuai dengan spesifikasi yang yelah ditentukan serta biay pelaksanaan tidak melampaui RAB.
Ÿ Mendata semua biaya yang menyimpang dari RAB.
Ÿ Membuat pelaksanaan proyek agar tidak menyimpang dari peraturan perundang – undangan yang berlaku.



  1. Admistrasi
Tugas :
Ÿ Melakukan pembukuan keuangan, berkas-berkas transaksi, tagiha dan surat-surat proyek secara benar, priodik dan tepat waktu.
Ÿ Secara periodik membuat laporan secara yang telah di tetapkan, dimintakan pengesahannya kepada pejabat yang berwenang, dan mengirimkan pihak-pihak yang memerlukan sesuai prosedur yang berlaku.
Ÿ Mengendalikan dan mengelola cek, uanghtunai surat berharga, melaksanakan pembayaran, mengurus perpajakan dan perbankan.
Ÿ Bersama dengan pihak lain yang terlibat menyiapkan, mengevaluasi, mengikuti realitas, dan mengapdate rencana penerimaan dan pengeluaran proyek.
Ÿ Mengsahkan dokumen yang berhubungan dengan unitnya, dengan persetujuan masing-masing elemen yang terkait.
Ÿ Melaksanakan penagihan kepada pihak luar atau pemberi tugas atas prestasi yang telah dicapai.
Ÿ Melaksanakan pencatatan uang muka, pengurusan jaminan bank, dan utang piuang.
Ÿ Memberikan informasi mengenai administrasi dankeuangan pada pihak lain yang memerlukan.
Ÿ Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya.beri tugas atas prestasi yang telah dicapai.n mengapdate rencana penerimaan dan pengeluaran
Wewenang :
Ÿ Mengadakan hubungan langsung dengan elemen lain untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tugasnya.
Ÿ Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka melaksanakan tugasnya.
Tanggung jawab :
Ÿ Menyusun laporan pertanggung jawaban kas/bank secara priodik.
Ÿ Menyusun laporan pertanggung jawaban pemasukan dan pengeluaran keuangan secara priodik.
Ÿ Bertanggung jawab langsung kepada site manager.


  1. Civil Engineer
Tugas :
Ÿ Mengkoordinasi dan mengevaluasi Struktur Engineer dan Geometri Engineer.
Wewenang :
Ÿ Berhubungan dengan unit – unit lain dalam rangka pelaksanaan tugasnya.
Ÿ Mengatur semua hal yang berkaitan dengan tugasnya.
Tanggung jawab :
Ÿ Bertanggung jawab langsung kepada Manageer Proyek .
Ÿ Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan struktur.
  1. Design Engineer
Tugas :
Ÿ Membantu Civil Engineer dalam melaksanakan pekerjaan yang dilaksanakan.
Ÿ Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh Manageer Proyek.
Ÿ Membuat laporan yang ditetapkan Perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya.
Ÿ Membuat Design perencanaan secara lengkap baik gambar rencana rencana kerja, hitungan struktur, RAB, RAP, RAPP.
Ÿ Membuat gambar revisi bila terjadi perubahan perencanaan.
Wewenang :
Ÿ Mengadakan hubungan langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan.
Tanggung jawab :
Ÿ Bertanggung jawab langsung kepada Geometri Engineer.
Ÿ Bertanggung jawab terhadap semua detail gambar pelaksanaan di lapangan
  1. Estimator
        Tugas :
Ÿ Mengelola tugas-tugas perencana dan perhitungan teknis pekerjaan dan material
Ÿ Membuat perhitungan konstruksi yang diperlukan peroyek.
Ÿ Melaksanakan perhitungan volume pekerjaan, material dan analisis harga satuan dalam menyusun RAB, Rap, RAPP.
Ÿ Menghitung volum kebutuhan material sesuai dengan spesifikasi kontrak dan metode kerja yang telah dilaksanakan.
Ÿ Mempersiapkan volume pekerjaan yang akan dijadikan sebagai kontrak kerja dengan pihak lain.
Ÿ Membuat estimasi biaya pekerjaan (bahan dan upah) untuk tiap perubahan, tambahan dan pengurangan pekerjaan.
Ÿ Melaksanakan evaluasi melalui pendekatan “Value Engineering Analyssis” terhadap perencanaan proyek, baik secara menyeluruh atau sebagian apabila dipandang perlu dan menguntungkan perusahaan atas ijin manager proyek.
Ÿ Menyusun dan mengsahkan opname pekerjaan di lapangan sesuai perestasi pekerjaan yang telah di laksanakan.
Wewenang :
Ÿ Mengadakan hubungan langsung dengan elemen lain untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tugasnya.
Ÿ Menolak pengajuan opname pekerjaan yang tidak sesuai dengan perestasi pekerjaan di lapangan.
  Tanggung jawab :
Ÿ Bertanggungjawab langsung kepada Site Manageer.
  1. Geometri Engineer
Tugas :
Ÿ Melakukan penelitian kuat dukung tanah, jenis tanah yang akan di bangun.
Ÿ Melakukan perhitungan lokasi geometri bangunan.
Wewenang :
Ÿ Mengadakan hubungan langsung dengan elemen lain untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tugasnya.
Tanggung Jawab :
Ÿ Bertanggung jawab langsung kepada Civil Engineer
  1. Struktur Engineer
Tugas :
Ÿ Mengevaluasi hasil perencanaan struktur.
Ÿ Mengawasi dan juga menjadi pengendali mutu dari suatu struktur bangunan yang dikerjakan.
Ÿ Membuat batasan minimal dari suatu struktur yang dikerjakan baik waktu pengerjaan ataupun hal – hal lain yang berkaitan dengan tugasnya.
Wewenang :
Ÿ Mengadakan hubungan dengan pihak lain demi kelancaran pekerjaan.
Tanggung jawab :
Ÿ Bertanggung jawab langsung terhadap Civil Engineer.
Ÿ Bertanggung jawab atas akurasi semua hal tentang perhitungan dan perencanaan struktur.
Ÿ Bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilaksanakan baik yang dilapangan maupun yang dibelakang meja.
6.  Surveyor
      Tugas :
Ÿ Menentukan, mengontrol, dan melaksanakan seluruh pekerjaan proyek terutama yang berkaitan dengan penentuan koordinat, levelling dan pengukuran lain sesuai dengan gambar yang telah direncanakan.
Ÿ Bersama dengan pelaksana melakukan pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan dilapangan.
Ÿ Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tuganya.
Ÿ Melaksanakan tugas lain yang diperitahkan oleh Manager Poyek.
Wewenang :
Ÿ Mengadakan hubungan langsung dengan elemen lain untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tugasnya.
Tanggung jawab :
Ÿ Bertanggung jawab langsung kepada Esimator.
Ÿ Bertanggung jawab akurasi semua pengkuran dilapangan.
  1. Drafter 1
Tugas :
Ÿ Membantu Geometri Engineer dalam melaksanakan pekerjaan dilaksanakan.
Ÿ Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh Manageer Proyek.
Ÿ Membuat laporan yang ditetapkan Perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya.
Ÿ Membuat Shop Drawing dan as Built  Drawing  pelaksanaan pekerjaan yang dilaksanakan.
Wewenang :
Ÿ Mengadakan hubungan langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan.
Tanggung jawab :
Ÿ    Bertanggung jawab langsung kepada Geometri Engineer.
Ÿ Bertanggung jawab terhadap semua detail gambar pelaksanaan di lapangan.
  1. Drafter 2
Tugas :
Ÿ Membuat Shop Drawing dan as Built Drawing  pelaksnaan pekerjaan dilapangan.
Ÿ Membantu Struktur Engineer dalam pelaksanaan pekerjaan dilapangan.
Ÿ Melaksanakan tugas lain yang diperintaahkan oleh Maneger Proyek.
Ÿ Membuat laporan yang ditetapkan Perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya
Wewenang :
Ÿ Mengadakan hubungan langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan
Tanggung jawab :
Ÿ Bertanggung jawab langsung kepada Struktur Engineer.
Ÿ Bertanggung jawab atas akurasi semua detail gambar pelaksanaan dilapangan.
  1. Drafter 3
Tugas :
Ÿ Membuat Shop Drawing dan As Built Drawing pada pekerjaan dilapangan.
Ÿ Membantu Engineer Design dalam pekerjaan dilapangan.
Ÿ Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh Manager proyek.
Ÿ Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya.
Wewenang :
Ÿ Mengadakan hubungann langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan.

Tanggung Jawab :
Ÿ Bertanggung jawab langsung kepada Engineer Design dalam pekerjaan dilapangan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar